Indonesia

Australia vs Indonesia, Kejar Selisih 2 Gol atau Paksa Adu Penalti

KABAR KALIMANTAN 1, Jakarta – Menghadapi Australia pada leg 2 Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Jumat (29/10/2021), Indonesia wajib menang dengan 2 gol atau minimal memaksakan adu penalti.

Pada laga yang dihelat di Stadion Republican Central, Tajikistan tersebut, posisi tim asuhan Shin Tae-yong memang kurang aman. Hal itu menyusul kekalahan 2-3 pada leg pertama, Selasa (26/10).

Karena itu, pertandingan malam nanti bak laga hidup mati. Jika ingin lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2022, tim Merah Putih wajib menang dengan selisih 2 gol.

“Jika tidak bisa karena lawan unggul fisik dan organisasi permainan, setidaknya pemain Indonesia bisa memaksakan adu tendangan penalti,” ujar Aris Rinaldi, kiper legenda Persib.

Aris melihat Indonesia justru cukup punya peluang di situ. Alasannya, kualitas kiper Ernando Ari Sutaryadi. Beberapa kali ia mampu menggagalkan tendangan penalti, di level timnas maupun klub.

Pemain andalan Australia, Jacob Italiano, sudah merasakan kelebihan Ernando. Pada leg 1, tendangan penalti bisa ditepis Jacob bisa ditepis kiper Persebaya itu.

“Dia pintar membaca kemungkinan arah bola. Mentalnya pun bagus. Ini modal lain Nando,” imbuh Aris.

Jika Ernando diganti Muhammad Riyandi pun, Indonesia masih berpeluang. Riyandi tak tampil pada leg 1, hanya karena terakumulasi kartu. Ia bahkan kerap jadi opsi pertama STY.

Namun ia berharap Witan Sulaeman dkk tak perlu sampai adu penalti. Bermain dengan bola-bola pendek dan cepat, jadi opsi terbaik saat ini.

“Saya sendiri tidak tahu, akan seperti apa leg kedua Jumat ini. Yang pasti, saya sudah bilang, berpikir cepat untuk mengantisipasi serangan, lalu bikin serangan balik yang efektif,” komentar STY. “Satu lagi, jangan takut dengan postur dan skill lawan. Kerja keras, soal hasil, itu nanti. Kalian punya kecepatan. Manfaatkan itu.”

Indonesia dan Australia merupakan dua tim tersisa di Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 setelah China dan Brunei Darussalam memutuskan mundur. Pemenang Indonesia vs Australia akan langsung ke putaran final di Uzbekistan tahun depan.

 

Prakiraan Indonesia (4-4-2)

Ernando/Riyandi (kiper), Asnawi Mangkualam, Rahmat Irianto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan (belakang), Witan Sulaeman, Komang Teguh, Mohammad Kanu, Marselino Ferdinan (tengah), Bagus Kahfi, Taufik Hidayat (depan)

 

Kualifikasi Piala Asia U-23 2022
Jadwal Siaran Langsung

Indonesia vs Australia
Jumat 29 Oktober 2021
Pukul 19:00 WIB, Live SCTV

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top