Indonesia

Frank de Boer Jadi Isu Murahan, STY Tak Terganggu

KABARKALIMANTAN1, Jakarta
Nasib Shin Tae-yong sebagai pelatin timnas Indonesia banyak jadi spekulasi selepas tersingkir dari semifinal Piala AFF 2022. Isu terakhir, STY diganti Frank de Boer, legenda Belanda.

Suara Exco PSSI terpecah. Ada yang mendukung STY dipecat, ada yang ingin agar tetap bekerja sesuai kontrak, hingga akhir 2023. Ketum PSSI memastikan hal itu.

“Kontraknya masih, sampai akhir 2023. Tapi bisa juga diputus pengurus baru PSSI periode 2023-2027 yang dipilih medio Februari nanti,” ujar Mochamad Iriawan, Ketua Umum PSSI.

Tapi ada beberapa Exco yang berseberangan. “Dia sudah gagal. Out-lah,” komentar Juni Rahman, salah satu Exco senior.

Sebagai gantinya, PSSI menyewa jasa legenda sepakbola Belanda Frank de Boer untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia. Benarkah hal tersebut?

Di kanal YouTube Delan pada 13 Januari 2023 mengunggah video berisi narasi Frank de Boer resmi menggantikan Shin Tae-yong sebagai pelatih Indonesia.

“PSSI Sepakat Kontrak Frank de Boer. Pengganti STY Tiba di Jakarta, Ini Buktinya,” begitu judul video yang diunggah YouTube Delan Channel, Senin (16/1/2023).

Sementara dalam video, terdapat pembaca berita yang menegaskan Frank de Boer sudah tiba di Jakarta untuk menggantikan STY.

Namun aroma hoaks tecium.
Tulisan pada gambar sketsa atau thumbnail video itu adalah “PSSI Resmikan Frank de Boer di gedung Menpora, Baru Tiba di Indonesia langsung ingin kerja Latih Timnas.”

Nyatanya, video itu secara keseluruhan hanya berisi kolase potongan-potongan foto Frank de Boer maupun Shin Tae-yong.

Isi utama video itu justru prediksi bahwa Erick Thohir harus mendatangkan Frank de Boer.

“Erick Thohir digadang-gadang menjadi kandidat kuat ketua umum PSSI yang baru. Jika benar, ia takkan memperpanjang kontrak STY. Sosok Frank de boer jadi solusi pelatih timnas Indonesia.”

Tak hanya itu, video Frank de Boer berjabat tangan dengan Erick Thohir tampak jelas hasil penyuntingan dari 2 foto berbeda.

Pada laman Transfermarkt, Frank de Boer masih merupakan pelatih tanpa klub.

Bisa disimpulkan, video yang mengklaim Frank de Boer menggantikan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia hanta isu murahan alias hoaks.

Pernyataan Iwan Bule lebih bisa dipegang, walau jabatannya efektif sisa sebulan. Namun pekerjaan STY memang akan berkurang. Tugas mengelola timnas U20 di Piala Asia, tetap. Begitu pula Piala Dunia U20.

Hanya tugas di timnas U23 diserahkan ke asistennya, November Arianto. STY tetap melakukan supervisi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top