HUKUM

Yanto cs Terancam Hukuman Mati

KABARKALIMANTAN1, PALANGKA RAYA – Penerapan pasal maksimal dilakukan Polresta Palangka Raya kepada enam pelaku pembunuhan terhadap Sarwani alias Anang. Yanto dan kawan-kawan disangkakan Pasal 340 KUHPidana tentang pembunuhan berencana.

Hal ini ditegaskan Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Budi Santosa saat menggelar pengungkapan kasus di Lobi Mapolresta, Rabu (13/4/2022).

Selain pasal tersebut, penyidik Unit Jatanras Satreskrim turut memberikan pasal 338 Jo 170 ayat (3) Jo 353 ayat (3) Jo 351 ayat (3) Jo 56 KUHpidana tentang secara bersama-sama melakukan kekerasan terhadap orang yang mengakibatkan korban meninggal dunia di muka umum dan atau penganiayaan yang mengakibatkan korban meninggal dan atau turut serta.

“Pasal 340 sebagai pembunuhan berencana kita terapkan karena perbuatan Yanto dinilai memenuhi unsur. Dimana tersangka menyuruh rekannya membawa senjata tajam sebelum mendatangi korban,” ucapnya didampingi Wakapolresta AKBP Andiyatna.

Ia pun menyebut sejumlah alat bukti dan dokumen telah disiapkan untuk proses hukum lanjut keenam tersangka. Termasuk keterangan saksi, saksi ahli dan pengakuan tersangka.

“Jika dalam rekonstruksi ada ketidaksesuaian tidak akan masalah. Alat bukti terus kita lengkapi didukung saksi ahli,” tegasnya.

Budi menerangkan, pengungkapan kasus pembunuhan Sarwani bermula penyidikan petugas usai mendapati laporan temuan mayat membusuk di Jalan Bukit Pinang I.

Usai mendapati identitas korban, penyidikan dimulai dari tempat tinggal korban dan didapati rekaman dan saksi jika korban telah dibawa oleh kawanan pelaku.

Dalam 1×24 jam petugas berhasil menangkap Yanto alias Anto sebagai dalang pembunuhan. Yanto ditangkap petugas di kapal laut yang tengah berlayar menuju Surabaya.

Penangkapan bekerjasama dengan Ditpolair Polda Kalimantan Selatan yang memberhentikan laju kapal untuk menangkap tersangka.

“Tersangka kita tangkap bersama istrinya saat hendak kabur ke Surabaya. Permasalahan pembunuhan ini diawali hutang piutang sebesar Rp32 Juta. Setelah menangkap Yanto, baru tersangka lain berhasil kita tangkap,” jelasnya. (ITING)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top