HUKUM

Wakapolresta Harap Aplikasi ASAP, Mampu Minimalisir Karhutla di Palangka Raya

 

KABARKALIMANTAN1, Palangka Raya — Dalam rangka mempercepat penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di seluruh Indonesia. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi meluncurkan Aplikasi Sistem Analisa Pengendalian (ASAP) digital nasional, Rabu (15/9/2021).

Wakapolresta Palangka Raya, AKBP Andiyatna bersama pejabat utama Polresta, mengikuti launching secara video confrence (vicon) dari Aula Wirapratama Mapolresta Palangka Raya.

“Kami berharap aplikasi ini dapat mencegah dan meminimalisir peristiwa Karhutla khususnya di wilayah Kota Palangka Raya,”kata Andiyatna.

Launching ASAP bertujuan untuk memantapkan penanganan Karhutla secara nasional dengan mengedepankan pencegahan dan penegakan hukum terhadap pelaku Karhutla.

Aplikasi menggabungkan seluruh potensi yang ada di kementerian-kementerian maupun di Badan Usaha Milik Negara (BUMN), untuk disatukan menjadi satu sistem pengawasan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Karhutla secara lebih cepat.

Selain itu berfungsi untuk memantau jarak jauh melalui kamera CCTV di lokasi yang dianggap rawan terjadi Karhutla sehingga sangat membantu personel di lapangan untuk menuju titik munculnya api dan melakukan pencegahan Karhutla secara maksimal. (TVA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top