Kotawaringin Barat

Wabup Kotawaringin Barat Tegaskan Komitmen Tekan Angka Stunting

KABAR KALIMANTAN 1, Pangkalan Bun – Wakil Bupati Kotawaringin Barat Ahmadi Riansyah ​​​​​​​menegaskan komitmen pemkab setempat dalam menekan angka stunting secara tepat, holistik, dan terintegrasi, dengan melibatkan semua pihak hingga tingkat desa.

“Itu dilakukan sebagai bukti sekaligus keseriusan bahwa Pemkab Kobar (Kotawaringin Barat) selalu komitmen menekan angka stunting,” katanya di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Rabu (27/4/2022).

Ia menjelaskan pentingnya koordinasi semua pemangku kepentingan dalam merumuskan kebijakan sekaligus intervensi yang bersifat strategis dalam menangani dan menanggulangi stunting.

Sekalipun selama ini sudah terjalin komunikasi lintas sektor serta sinergi pemerintah, mulai tingkat pusat hingga desa, katanya, tetap diperlukan tindakan bersama dalam mengintervensi penanganan kasus itu yang bersifat strategis.

“Semuanya memiliki peran penting dalam rangka menguatkan sinergitas serta sinkronisasi antara pemerintah daerah dan pusat. Tentunya, penurunan angka stunting menjadi target utama yang harus dicapai,” kata dia.

Ia mengajak seluruh kalangan masyarakat di kabupaten setempat lebih mengetahui dan memahami masalah stunting.

Ia menjelaskan stunting suatu kondisi serius pada anak yang ditandai dengan tinggi badan anak di bawah rata-rata atau anak sangat pendek, serta tubuhnya tidak bertumbuh dan berkembang secara baik sesuai usianya dan berlangsung dalam waktu lama.

Dia mengatakan ciri-ciri seorang anak yang mengalami stunting, antara lain pertumbuhan melambat, wajah tampak lebih muda dari anak seusianya, pertumbuhan gigi terlambat, performa buruk pada kemampuan fokus dan memori belajarnya, usia 8-10 tahun anak menjadi lebih pendiam, dan tidak banyak melakukan kontak mata terhadap orang di sekitarnya.

“Mengatasi stunting ini harus dilakukan secara bersama-sama, tidak hanya pemerintah, tapi juga seluruh lapisan masyarakat. Jadi, kami mengajak untuk bersama-sama mencegah serta menanggulangi stunting ini,” demikian Ahmadi.

 

 

Sumber: ANTARA

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top