Kalimantan Selatan

Taman Budaya Kalsel Siapkan Pameran Lukis Bertaraf Nasional

KABAR KALIMANTAN1, Banjarmasin – Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan mempersiapkan gelar pameran seni lukis bertaraf nasional bertema “Bias Borneo” di Kota Banjarmasin pada bulan Agustus 2022 ini.

Menurut Kepala Taman Budaya Kalsel Suharyanti di Banjarmasin, Jumat (5/8), pameran seni lukis bertaraf nasional ini sebagai rangkaian peringatan HUT ke-72 Provinsi Kalsel dan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI yang sama-sama jatuh pada bulan Agustus.

Dijadwalkan, ujar dia, pameran seni lukis untuk dua hari besar tersebut pada 16 sampai 21 Agustus 2022 di Gedung Wargasari Taman Budaya Kalsel di Kota Banjarmasin.

Taman Budaya Kalsel yang bekerjasama dengan Ikatan Pelukis Kalsel, ucap Suharyanti, mengundang beberapa pelukis dari sejumlah provinsi di Indonesia, seperti dari Lampung, Sumatera, Sulawesi dan pulau Jawa.

“Kita targetkan sekitar 60 karya seni lukis terbaik dipamerkan,” ujarnya.

Suharyanti menyatakan, pameran ini sebagai upaya pemerintah provinsi meningkatkan eksistensi kesenian lukis daerah, di mana banyak pelukis berkarakter dan berkualitas dimiliki provinsi ini.

Sehingga, ucap dia, karya seni lukis di provinsi ini patut diapresiasi, bersama dengan karya pelukis nasional lainnya.

Selain pameran lukis, kata Suharyanti, pada peringatan HUT Provinsi Kalsel yang jatuh pada 14 Agustus 2022 dan HUT RI yang jatuh pada 17 Agustus 2022 ini menggelar Karasminan Banua.

Karasminan Banua yang merupakan bagian Ragam Pesona Budaya Banjar 2022 dengan menampilkan berbagai pentas seni daerah, seperti tari kreasi, musik Panting, Mamanda, Band dan tari teater, drama musikal melodi untuk banua dan band akustik.

“Kita juga tampilkan artis jebolan KDI, warga bisa menyaksikan langsung juga melihat di akun YouTube Taman Budaya Kalsel,” paparnya.

Selain itu, pada kegiatan semua ini juga ditampilkan pameran UMKM untuk mempromosikan produk usaha diantaranya dari Rumah reatif, Kain Sasirangan khas alam, dan beberapa pelaku usaha minuman dan makanan khas Banjar. (ANT)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top