Kalimantan Tengah

Setelah Kobar, Pak De Beri Bantuan Alsintan di Kotim

 

KABARKALIMANTAN1, Kotim – Setelah Kotawaringjn Barat (Kobar), kini kelompok tani (poktan) di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Kalimantan Tengah, mendapatkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan).

Penyerahan 38 unit berbagai jenis alsintan ini dilakukan di Halaman Kantor Dinas TPHP Kotim, disaksikan Bupati Kotim Halikinnor, Jumat (27/8/2021).

Bantuan alsintan berasal dari dana APBN, yang diberikan kepada 36 poktam adalah 8 hen traktor, 6 kultivator, 9 pompa air, dan hand sprayer elektrik 15 buah.

“Tujuan kita memberikan alsintan, tidak lain agar petani ini bisa maju, mandiri dan moderen,” ucap Bambang Purwanto.

Saat pandemi, sektor pertanian terbukti mampu bertahan. Tak salah, kalau diperkuat kelompok tani dengan berbagai jenis alsintan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dengan demikian, untuk meningkatkan hasil pertanian di Kalteng, petani harus mampu memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini, baik dalam hal mekanisasi lahan maupun dari segi pemasaran.

“Kalau alsintan digunakan dan dirawat dengan baik, saya yakin memberikan dampak positif terhadap hasil para petani,” imbuh legislator yang akrab disapa Pak De ini.

Di hari yang sama Pak De melakukan penanaman perdana bibit porang di lahan poktan Mentaya Porang Makmur. (ER/TVA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top