Sepakbola

SCM Siarkan 52 Pertandingan Piala Dunia U-17 2023

KABAR KALIMANTAN1, Jakarta – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan bahwa Surya Citra Media (SCM) group bakal menyiarkan 52 pertandingan Piala Dunia U-17 yang akan bergulir 10 November hingga 2 Desember 2023.

“Kami sebagai panitia saling mendukung, saling menopang tapi masing-masing punya tanggung jawab supaya di TV tetap bagus,” kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (3/10).

Indonesia sebagai tuan rumah telah menyiapkan empat stadion terbaik berstandar internasional untuk menjadi venue seluruh 52 pertandingan, yakni Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Surakarta), Jakarta International Stadium (Jakarta), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Erick mengatakan bahwa PSSI terus berupaya menyempurnakan berbagai persiapan demi kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17.

Dia menyampaikan bahwa stadion terpilih terus dilakukan pembenahan sesuai dengan standar yang diterapkan oleh FIFA hingga dapat mendukung kesempurnaan seluruh pertandingan yang berlangsung serta kenyamanan bagi seluruh pendukung kesebelasan yang hadir langsung.

Masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air hingga pendukung kesebelasan seluruh negara yang bertanding, diberi kemudahan untuk memperoleh tiket menonton langsung dengan cara mengakses laman resmi FIFA yang telah dibuka sejak tanggal 16 September 2023 lalu.

PSSI juga terus mendukung persiapan yang dilakukan oleh skuad Indonesia U-17 di bawah asuhan Bima Sakti.

Erick mengatakan bahwa perhelatan tersebut menjadi momen penegas kebangkitan sepakbola Tanah Air dan menjadi momen yang tepat untuk menujukkan kepada dunia bahwa negara Indonesia menjadi tuan rumah yang baik.

Menurut Erick, menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 merupakan kebanggaan bagi bangsa Indonesia sehingga harus didukung oleh semua pihak untuk menyukseskan ajang tersebut.

“Kita tak mau bersenang hati dengan hanya menjadi penyelenggara turnamen saja, kami berharap apresiasi dari FIFA untuk kemudian memberi kesempatan buat kita menggelar turnamen berskala lebih besar lagi,” ujar Erick.

Sebanyak 24 negara akan bersaing di turnamen dunia kelompok umur ini. Tim U-17 Indonesia akan melakoni laga perdana di Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) yang juga merupakan kandang Indonesia.

Laga perdana, Indonesia akan menghadapi Ekuador Jumat (10/11) dan disiarkan langsung mulai pukul 18:00 WIB (kick-off pukul 19:00 WIB) dengan diawali pembukaan FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023.

Sebelumnya juga akan berlangsung pertandingan lainnya dari Grup A di stadion yang sama antara Panama dan Maroko pada pukul 15:30 WIB (kick off pukul 16:00 WIB).

Pada fase penyisihan grup, Indonesia yang berada dalam Grup A harus berjuang dalam tiga pertandingan di babak penyisihan grup melawan Ekuador, Panama, dan Maroko untuk dapat lolos ke babak 16 besar. Itu pun dengan syarat menjadi juara atau runner-up grup atau salah satu dari 4 tim peringkat 3 terbaik.

Persaingan yang tidak kalah sengit juga akan berlangsung di lima grup lainnya yang dua grup di antaranya disebut-sebut sebagai grup neraka, yakni Grup C dan D.

Hasil final drawing Piala Dunia I-17 2023 FIFA U-17 WORLD CUP INDONESIA 2023™:

Grup A : Indonesia, Ekuador, Panama, Maroko

Grup B : Spanyol, Kanada, Mali, Uzbekistan

Grup C : Brasil, Iran, Kaledonia Baru, Inggris

Grup D : Jepang, Polandia, Argentina, Senegal

Grup E : Prancis, Burkina Faso, Korea Selatan, Amerika Serikat

Grup F : Meksiko, Jerman, Venezuela, Selandia Baru

 

 

(Sumber: Antara)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top