HUKUM

Polda Kalsel Tindak 155 Truk Bermuatan Melebihi Tonase

KABAR KALIMANTAN 1, Banjarmasin – Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menindak sebanyak 155 truk yang bermuatan melebihi tonase saat melintas di jalan raya.

“Tindakan tegas berupa menilang truk, kami lakukan sebagai upaya menekan pelanggaran terkait melebihi tonase,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Maesa Soegriwo di Banjarmasin, Jumat (17/12/2021).

Polda Kalsel dan polres, katanya. telah melakukan penindakan (tilang) truk melebihi tonase mulai periode Juli sampai Desember 2021.

Anggota Ditlantas Polda Kalsel bersama Dinas Perhubungan melakukan razia angkutan yang melebihi tonase. (foto:ANTARA)

Untuk Ditlantas Polda Kalsel ada 49 kali penindakan (tilang), sedangkan 13 dari polres. Polres Banjarbaru dan Polres Banjar paling banyak melakukan tilang masing-masing 19 kali.
Maesa mengingatkan pelaku usaha hingga sopir yang mengendarai kendaraan agar dapat mematuhi aturan berlalu lintas dengan tidak melanggar batas muatan sesuai dimensi dan kapasitasnya.

Menurut dia, kepatuhan atas berat dan dimensi daya angkut penting bagi terjaganya kondisi jalan yang dilintasi.

Apalagi daya dukung untuk menerima muatan sumbu terberat dan dimensi kendaraan bermotor di Kalsel hanya jalan kelas II dan kelas III, katanya.

“Kecelakaan lalu lintas rawan terjadi akibat pelanggaran muatan,” katanya.

 

 

Sumber : ANTARA

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top