KESRA

Pemprov Berikan 1.020 Unit Penangkap Ikan Kepada Nelayan di Kobar

KABARKALIMANTAN1, Palangka Raya – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memberikan bantuan sebanyak 1.020 unit penangkap ikan berupa jaring kepiting kepada para nelayan di wilayah pesisir Kabupaten Kotawaringin Barat (Barat).

“Ini merupakan implementasi dari komitmen Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dalam membantu nelayan meningkatkan produksi penangkapan ikan,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kalimantan Tengah, Darliansjah di Palangka Raya, Kamis (5/10).

Dukungan ini dilatarbelakangi banyaknya masyarakat di daerah pesisir Kalimantan Tengah yang mata pencahariannya menangkap ikan atau menjadi nelayan, baik menggunakan kapal penangkap ikan ataupun tidak.

Melihat kebutuhan para nelayan di lapangan, Pemprov Kalteng melihat mereka memerlukan dukungan sarana penangkapan ikan yang memadai untuk memacu peningkatan hasil tangkapan. Maka melalui Dislutkan diprogramkan berbagai bantuan untuk mendukung para nelayan tersebut.

Adapun bantuan penangkap ikan berupa jaring kepiting telah diserahkan Dislutkan Kalimantan Tengah yang di antaranya diterima oleh Kelompok Umbang Lestari 02 Desa Sungai Bakau, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Rabu (4/10).

“Kami harapkan dengan adanya bantuan ini akan memberikan manfaat positif bagi nelayan di Desa Sungai Bakau,” tuturnya.

Diharapkan bantuan jaring kepiting tersebut semakin memudahkan nelayan dalam melakukan kegiatannya, sehingga dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan usaha perikanan tangkap.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar nelayan di Desa Sungai Bakau maupun daerah lainnya melakukan kegiatannya sesuai aturan, sehingga menjaga kelestarian sumber daya perikanan dan mampu meningkatkan hasil produksi untuk peningkatan kesejahteraan.

Sementara itu, Ketua Kelompok Umbang Lestari Talhah mengatakan bantuan yang diberikan itu merupakan harapan dari nelayan khususnya di Desa Sungai Bakau.

“Semoga dengan bantuan ini dapat membantu meningkatkan produksi perikanan, sehingga turut meningkatkan kesejahteraan,” ucapnya. (ANT)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top