Murung Raya

Pemkab Murung Raya Lakukan Penanganan Stunting Hingga Tingkat Desa

KABAR KALIMANTAN1, Puruk Cahu – Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, melakukan sosialisasi disertai aksi turun ke lapangan sampai tingkat desa dalam rangka menekan serta menurunkan kasus stunting di daerah setempat.

“Salah satu kegiatan melalui rembuk stunting dan lokakarya mini puskesmas triwulan I yang dilaksanakan di Desa Makunjung Kecamatan Barito Tuhup Raya, bertujuan menghasilkan komitmen bersama menurunkan stunting serta rencana kegiatan intervensi gizi terintegrasi lintas sektoral,” kata Wakil Bupati Murung Raya, Rejikinoor di Puruk Cahu, Rabu (8/3).

Menurut dia, rembuk stunting merupakan suatu langkah penting yang harus dilakukan pemerintah daerah, untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting.

Hal ini dilakukan secara bersama-sama antara perangkat daerah penanggung jawab layanan dengan sektor atau lembaga non-pemerintah maupun masyarakat.

“Kita berharap melalui kegiatan ini tercipta sinergi bersama hingga ke desa-desa, sebagai salah satu langkah nyata yang dilakukan pemerintah daerah,” tutur Rejikinoor.

Target nasional percepatan penurunan stunting pada 2024 adalah 14 persen dan menjadi fokus bersama. Pemerintah Kabupaten Murung Raya berharap bisa mencapai target penurunan stunting tersebut.

“Untuk mencapai penurunan angka stunting di Kabupaten Murung Raya dan untuk memberikan kontribusi terhadap pencapaian penurunan target nasional sebesar 14 persen, dibutuhkan berbagai upaya keras dengan fokus agar mencapai sasaran yang tepat,” kata dia.

Kepala DPMD Murung Raya yang juga selaku Ketua TP-PKK Lynda Kristiane mengatakan, dalam beberapa tahun belakangan, stunting menjadi perhatian serius pemerintah kabupaten.

“Stunting sebagai masalah kesehatan masyarakat membutuhkan penanganan serius dari berbagai pihak. Jadi kegiatan ini diharapkan dapat membangun suatu mekanisme kerja yang konvergen, terarah dan terukur, sehingga percepatan dan penurunan stunting terlaksana secara baik dan berhasil,” jelas Lynda.

Dalam kegiatan tersebut juga dirangkai dengan penyerahan makanan tambahan untuk anak, serta penandatanganan komitmen bersama dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting dengan intervensi spesifik maupun intervensi sensitif tingkat Kecamatan Barito Tuhup Raya 2023. (ant)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top