Kapuas

Pemerintah Kabupaten Kapuas Bagikan Bibit Pohon Gratis ke Semua Desa

KABAR KALIMANTAN1, Kuala Kapuas – Pemerintah Kabupaten Kapuas di Provinsi Kalimantan Tengah membagikan belasan ribu bibit pohon gratis ke semua desa di wilayahnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kapuas Budi Kurniawan di Kuala Kapuas, Selasa (21/3), mengatakan bahwa pembagian bibit pohon gratis dilakukan untuk memperingati Hari Jadi Kota Kuala Kapuas, Hari Ulang Tahun Kabupaten Kapuas, dan Hari Desa Asri Nusantara.

Budi menyampaikan bahwa sekitar 15 ribu bibit pohon yang terdiri atas bibit pohon ketapang kencana, petai, sirsak, tanjung, dan durian dibagikan kepada warga di seluruh desa di 17 wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas.

Menurut dia, bibit pohon gratis juga dibagikan kepada warga dan peserta pawai budaya pada acara puncak perayaan Hari Jadi Kapuas dan Hari Ulang Tahun Kabupaten Kapuas pada Selasa (21/3).

“Bibit pohon yang kami bagikan secara gratis kepada seluruh desa dan masyarakat ini kita minta untuk ditanam di tempatnya masing-masing dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan,” katanya.

“Ini sebagai bentuk komitmen kami untuk menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga keberlangsungan lingkungan hidup, dan ini merupakan bagian program nasional, dan untuk Kapuas, kami bekerja sama dengan BP DAS Kahayan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup,” ia menjelaskan.

Menurut dia, pembagian bibit pohon gratis tersebut ditujukan untuk mendorong pemerintah desa melakukan upaya penghijauan di wilayah masing-masing.

“Kami berharap melalui program ini nanti desa bisa mandiri untuk melakukan program penghijauan atau reboisasi di desanya masing-masing,” katanya.

Ia menambahkan, penghijauan diperlukan untuk memulihkan kondisi lingkungan, menjaga keberlangsungan ekosistem, dan membuat lingkungan menjadi asri. (Ant)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top