Indonesia

Pamit ke Iwan Bule, Arhan Terbang ke Tokyo 11 Maret

KABAR KALIMANTAN1, Jakarta – Setelah publik menunggu berita keberangkatan Pratama Arhan (20) ke klub barunya, Tokyo Verdy, akhirnya Jumat (4/3/2022), ia berpamitan ke Ketua Umum PSSI, Mochamad Irriawan alias Iwan Bule.

Rasa penasaran fans Arhan memang memang tinggi. Terlebih Arhan kini ibarat jadi hot property setelah tampil apik di Piala AFF. Setelah positif dikontrak klub J-2 alias kasta kedua Liga Jepang (J-League), memang Arhan tak langsung terbang.

Ia masih harus mengurus dokumen lengkap. Kini tanggal keberangkatan Pratama Arhan ke Jepang, sudah jelas. Paling lambat, fullback kiri 20 tahun itu berangkat ke Jepang pada seminggu ke depan atau Jumat, 11 Maret 2022.

Sebagaimana diketahui, Pratama Arhan resmi bergabung dengan Tokyo Verdy, yang mengontraknya selama dua tahun. Setelah itu, berbagai dokumen yang diperlukan untuk memuluskan keberangkatan pemain PSIS Semarang itu ke Jepang pun langsung diurus. Kini, ia telah mengantongi izin dari Pemerintah Jepang untuk masuk ke sana.

Hal itu mengingat pandemi Covid-19 yang belum mereda sehingga pembatasan orang asing untuk masuk ke wilayah Jepang masih diberlakukan. Dusan Bogdanovic selaku agen Pratama Arhan mengatakan, sang klien mendapat surat khusus dari Kedutaan Jepang di Indonesia, sehingga bisa mendapatkan izin dari Pemerintah Jepang.

Saat ini, Pratama Arhan hanya tinggal menunggu visanya selesai dibuat sehingga diperkirakan berangkat ke Tokyo dalam seminggu ke depan. “Saat ini sedang proses mengurus visa. Semua surat lainnya sudah siap dan ada surat khusus juga dari Kedutaan Jepang karena warga negara biasa,” kata Bogdanovic kepada awak media di kantor PSSI, Jumat (4/3/2022).

“Pemerintah Jepang juga sudah memberikan izin (untuk masuk). Jadi kemungkinan 6 atau 7 hari ke depan. Arhan akan berangkat ke Jepang. Setelah itu karantina tiga hari, tapi kalau ada perubahan kami pantau terus,” imbuhnya.

Konferensi Pers

Pada Jumat (4/3/2022) siang WIB, Arhan bersama Dusan Bogdanovic menghadiri undangan konferensi pers soal transfernya ke Tokyo Verdy dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta. Selain sang agen, ia juga ditemani oleh CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi. Lalu, juga hadir perwakilan dari Kedutaan Jepang serta Liga Jepang.

Dalam pertemuan tersebut, Mochamad Iriawan pun menyampaikan rasa bangganya kepada Pratama Arhan. Ia pun berharap pemain berusia 20 tahun itu bisa menjadi pemain inti di Tokyo Verdy untuk meningkatkan kualitas Tim Nasional Indonesia.

Ketua Umum PSSI itu mendukung karier bek kiri timnas Indonesia dari klub PSIS Semarang itu untuk bermain di Liga 2 Jepang (J2 League). “Saya doakan kamu sukses di Liga Jepang. Karena kamu juga membawa nama bangsa. Saya yakin kamu bisa sukses di Jepang,” ujar Iriawan.

Melansir akun twitter klub yang bermarkas di Chofu, Jepang, penandatanganan kontrak antara Pratama dan pihak klub berjalan mulus. Bahkan Pratama sudah menyampaikan testimoninya melalui rekaman video di akun @TokyoVerdySTAFF.

Ia mengaku senang bisa bermain di Tokyo Verdy, klub yang disegani di Jepang. Ia berjanji untuk bermain sebaik mungkin dalam membantu Tokyo Verdy ke kasta yang lebih tinggi.

“Saya sangat senang bisa bergabung dengan klub Tokyo Verdy, salah satu klub tersukses di Liga Jepang. Saya ingin berkontribusi maksimal untuk Verdy yang akan kembali memperjuangkan ambisinya kembali ke kasta tertinggi Liga Jepang,” ujar Arhan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top