Nasional

MPR: Selain Brimob, Turunkan 4 Matra Terbaik Hadapi KKB di Papua

KABAR KALIMANTAN 1, Jakarta – Pemerintah harus menurunkan 4 matra terbaik selain Brimob, untuk menghadapi tindakan brutal Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Hal itu disampaikan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, atau yang akrab disapa Bamsoet. Ia meminta hal tersebut karena berbagai alasan krusial.

“Turunkan kekuatan 4 matra terbaik yang kita miliki selain Brimob Polri. Gultor Kopassus, Raiders, Bravo, dan Denjaka,” kata Bamsoet dalam keterangannya, Sabtu (18/9/2021).

Menurutnya, setelah diturunkan, pasukan itu diharapkan untuk bergerak cepat. “Kasih mereka waktu secepatnya untuk menumpas teroris KKB di Papua,” kata Politikus Golkar ini.

Dia pun mengutuk tindakan KKB yang membakar Puskesmas di Distrik Kiwirok. Menurutnya, kejadian seperti itu tidak bisa diulang.

“Jangan sampai kejadian tersebut terulang kembali. Terlebih di tengah suasana pandemi Covid-19, kehadiran Nakes sangat dibutuhkan. Mereka merupakan pejuang garda terdepan dalam menyelamatkan nyawa manusia,” kata Bamsoet.

Bamsoet menyebut kejadian biadab terhadap para Nakes adalah bentuk pelanggaran HAM.

“Gangguan terhadap keamanan dan keselamatan para Nakes merupakan alarm tanda bahaya terhadap kemanusiaan,” kata dia.

Seperti diketahui, pekan lalu KKB Papua menyerang dan membakar Puskesmas. Beberapa nakes, dokter dan jururawat, lari tunggang langgang.

Demi menyelamatkan diri, beberapa jururawat ada yang sampai harus meloncat ke jurang. Ternyata oknum KKB tetap memburu mereka yang sudah dalam kondisi terluka.

KKB Papua, sering melakukan tindakan brutal.

Begitu tertangkap, oknum KKB itu menganiaya, melakukan pelecehan, dan membunuh mereka. Hal ini disampaikan salah satu jururawat yang selamat karena bersembunyi di balik akar pohon besar dan bebatuan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top