Indonesia

Masuk Grup Ringan, Erick: Tuntaskan Misi Emas SEA Games!

KABARKALIMANTAN1, Jakarta – Begitu tahu dalam undian sepak bola SEA Games Indonesia masuk grup ringan, Ketua Umum PSSI Erick Thohir berharap jalan Timnas Indonesia U22 meraih medali emas kian mulus.

Dalam undian cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023, Indonesia U22 tergabung di Grup A bersama tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Indonesia terhindar dari grup berat.

Nasib berbeda dialami Timnnas Putri. Jika tim putra berada di grup ringan, Timnas Putri Indonesia tergabung di Grup A bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Malaysia.

“Bismillah. Tidak ada lawan yang mudah. Kita mesti berjuang keras untuk dapat menuntaskan misi merebut emas SEA Games,” ujar Erick dalam rilis resmi federasi pada Rabu (5/4/2023) sore.

Pertandingan sepak bola SEA Games 2023 akan berlangsung lebih awal, mulai 29 April. Tahun ini PSSI berharap skuad Garuda Muda bisa meraih medali emas karena terakhir meraihnya pada 1991. Generasi emas sebelumnya di tahun 1987.

Pepepa ala Era Evan Dimas

Demi memenuhi target medali emas, pelatih Indra Sjafri akan mencoba skema yang dulu membuatnya berhasil di level Asia, tepatnya era Evan Dimas Darmono dkk.

Saat itu performa Evan Dimas dkk sangat menyakinkan. Boleh dibilang, dengan sepak bola yang enak ditonton, Tim Garuda bahkan berhasil mengalahkan Korea Selatan. Ironisnya, para pemain Korsel generasi itu sudah banyak yang beredar di Eropa, sementara pemain kita di liga domestik saja.

Karena itu, pada Rabu (5/4) malam, Timnas Indonesia U22 di Lapangan A, pada sesi latihan selama 90 menit, pola lama Indra Sjafri dipraktekkan. Umpan-umpan pendek dan panjang yang khas, jadi kombinasi. Filosofi “Pepepa” atau pendek-pendek-panjang ala Evan Dimas tampak diterapkan.

Sekilas, penyelesaian akhir pemain Garuda Muda masih belum akurat. Banyak tembakan yang dilepas tidak tepat sasaran. Umpan-umpan yang dilepaskan pun sering tidak presisi.

Kendati demikian pemain tetap memperlihatkan semangat juang tinggi. Mengingat ini masih tahap seleksi. Hanya 20 pemain yang nantinya akan dibawa ke Kamboja.

Hokky Caraka, eks-pemain Timnas Indonesia U20, yang ikut dipanggil Indra, mencoba beradaptasi dengan baik. Pemain PSS Sleman ini berusaha meyakinkan Indra agar ia bisa lolos seleksi.

Pemain Indonesia U22 lainnya, seperti Bagas Kaffa, Rizky Ridho, dan Ramai Rumakiek, belum bersedia berkomentar. Ini karena masih tahap seleksi.

Selepas pertandingan, Indra mengatakan semua pemain terpacu adrenalinnya setelah hasil undian SEA Games muncul. Para pemain termotivasi untuk meraih medali emas setelah terakhir diraih pada 1991.

“Kami respons hasil drawing SEA Games 2023 dengan rasa optimisme. Kita siapkan tim ini dengan sebaik mungkin,” ucap Indra didampingi manajer Timnas Indonesia U22 Sumardji dan Endri Erawan.

Putri Grup Neraka

Sementara tim sepak bola putri Indonesia bakal menghadapi pertarungan sangat sulit di pentas SEA Games 2023. Berdasarkan hasil undian, para Srikandi Tanah Air tersebut berada di Grup A bersama sang juara bertahan, Vietnam.

Undian dilakukan di Stadion Nasional Moradok Techo, Phnom Penh, Rabu (5/4/2023). Selain bertemu Vietnam, timnas putri Indonesia juga akan bersaing dengan Filipina, Malaysia dan Myanmar.

Tim putri Indonesia dan Malaysia tak masuk unggulan. Jadi, 2 negara ini berada di Pot 5 saat undian. Sedangkan Vietnam dan Kamboja selaku tuan rumah menjadi unggulan utama. Vietnam di Grup A sedangkan Kamboja di Grup B.

Dua tim teratas setiap grup akan lolos ke semifinal. Artinya, tim putri Indonesia harus meraih kemenangan sebanyak mungkin untuk menjaga peluang meraih emas.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top