KESRA

Lulusan PDD Polnep Kapuas Hulu Diminta Berinovasi Gali Potensi Daerah

KABARKALIMANTAN1, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu Kalimantan Barat Fransiskus Diaan meminta lulusan Program Studi di luar Domisili (PDD) Politeknik Negeri Pontianak di Kapuas Hulu menerapkan ilmu dan berinovasi menggali potensi daerah dan berkontribusi untuk pembangunan daerah setempat.

“Jadilah motor penggerak di daerah menerapkan ilmu dan berinovasi untuk mengelola potensi sumber daya alam yang ada,” kata Fransiskus Diaan, saat menghadiri wisuda PDD Polnep di Kapuas Hulu tahun akademik 2022/2023 di Putussibau, Kamis (5/10).

Disampaikan Fransiskus, kebanyakan lulusan sarjana berdiam diri menunggu penerimaan pegawai negeri sipil, padahal dengan ilmu yang dimiliki bisa berinovasi dan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.

Menurut dia, banyak potensi di Kapuas Hulu yang bisa dikembangkan oleh lulusan PDD Polnep, di antaranya yaitu perkebunan dan perikanan.

“Potensi perikanan bisa dimaksimalkan dengan ilmu yang didapatkan, begitu juga bidang perkebunan, masih banyak lahan tidur bisa diolah menjadi lahan produktif,” kata Fransiskus.

Dia berharap ilmu yang didapatkan oleh lulusan PDD Polnep tersebut dapat diterapkan, sehingga berfungsi dan dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam turut serta membangun daerah dan membantu masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Fransiskus juga memuji atas keterampilan dan kinerja sejumlah lulusan PDD Polnep di Kapuas Hulu yang bekerja di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu.

“Tapi banyak juga lulusan kerja di pemerintahan dan memiliki keterampilan yang luar biasa,” tutur Fransiskus.

Sementara itu, Wakil Direktur 1 Politeknik Negeri Pontianak Irawan Suharto menyampaikan serapan alumni pada PDD Politeknik Negeri Pontianak di Kapuas Hulu sangat tinggi, untuk teknik sipil 74 persen sudah bekerja dari 203 orang alumni yang ada.

Pada jurusan perkebunan serapannya 70 persen dari 272 alumni dan jurusan Perikanan serapan alumni 69 persen yang sudah bekerja dari 255 orang alumni PDD Polnep Kapuas Hulu.

“Jadi jangan khawatir tiga jurusan di PDD Polnep Kapuas Hulu itu masih banyak di cari,” katanya.

Irawan mengakui banyaknya serapan lulusan PDD Polnep Kapuas Hulu itu atas dukungan dan perhatian Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu yang begitu komitmen dalam memajukan sumber daya manusia di Kapuas Hulu.

“Gunakan dan manfaatkan ilmu yang sudah diperoleh untuk berkontribusi dalam pembangunan dan bermanfaat bagi masyarakat,” pesan Irawan.

Untuk diketahui, dalam Rapat terbuka Senat Politeknik Negeri Pontianak Dalam Rangka Wisuda ke-VI Program Studi Diluar Domisili (PDD) Politeknik Negeri Pontianak Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Akademik 2022/2023 di Gedung Volly Indoor Putussibau, telah mewisuda kan 145 orang yang terdiri dari jurusan teknik sebanyak 71 orang, Perkebunan 48 orang dan Perikanan 26 orang. (ANT)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top