Kalteng

Legislator : Pentingnya Tata Ruang Suatu Wilayah

KABARKALIMANTAN1, Palangka Raya – Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Khemal Nasery mengingatkan pemerintah daerah dan semua pihak mengenai pentingnya tata ruang. Dalam pelaksanaan program pembangunan agar memperhatikan berbagai potensi yang ada.

“Saya beberapa waktu lalu mengikuti kegiatan konsultasi publik rancangan Perwali tentang RDTR kawasan perkotaan. Semoga nanti bisa lahir perwali RDTR yang berkualitas tentunya memperhatikan keberlangsungan komponen lingkungan hidup,” ujar Khemal, Sabtu (27/11/2021).

Legislator asal Partai Golongan Karya itu mengungkapkan, masih banyak kendala dalam penataan ruang karena sering dilakukan tanpa data maupun informasi yang lengkap dan akurat, bahkan terkadang tanpa partisipasi masyarakat.

Dengan adanya perwali ini nanti bisa mempermudah OPD bekerja optimal dalam hal tata ruang. Terlebih produk perwalinya nantinya, akan memuat rencana detail tata ruang, sehingga bisa semakin baik lagi dan tentunya bisa lebih estetika.

Saat ini telah ada regulasi yang mengatur mengenai tata ruang, yakni UU nomor 26 tahun 2007 tentang penataan ruang, yang harus memerhatikan potensi sumberdaya alam, sumberdaya manusia dan sumberdaya buatan.

Selain itu harus memperhatikan kondisi ekonomi, sosial, budaya, politik, hukum, pertahanan keamanan, lingkungan hidup, serta ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai satu kesatuan. (MGN/TVA).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top