Palangka Raya

Legislator ini Minta Pemkot Palangkaraya Optimalkan Pengelolaan Aset

KABARKALIMANTAN1, PALANGKARAYA — Masih banyaknya aset pemerintah Kota Palangka Raya yang belum dimanfaatkan dengan optimal, menuai komnetar dari anggota DPRD Kota Palangka Raya. Padahal apabila dioptimalkan akan menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Untuk itu Sekretaris Komisi B DPRD Palangka Raya Reja Framika meminta pemerintah daerah dapat mengoptimalkan pengelolaan aset yang dimiliki agar bisa memberikan keuntungan bagi daerah.

“Aset-aset yang ada jangan sampai menganggur, tapi harus dikelola secara profesional agar mampu memberikan keuntungan berupa pendapatan asli daerah. Karena kita ketahui masih ada asset yang tidak digunakan sampai saat ini,” katanya, Kamis (7/4/2022).

Dia menyebutkan aset-aset Pemkot yang belum terkelola berupa pasar ataupun tiang baliho hingga bangunan gedung serba guna. Ia berharap ini bisa dioptimalkan secara profesional dengan mengandeng pihak ketiga agar menghasilkan PAD.

Pemerintah perlu menyiapkan instrumen yang tepat untuk melakukan pengelolaan aset daerah secara profesional, transparan, akuntabel, efesien dan efektif mulai dari tahap perencanaan, pendistribusian dan pemanfaatan serta pengawasannya.

Untuk itu Pemkot memerlukan strategi perencanaan yang baik serta tepat sasaran dalam pelaksanaannya sehingga aset daerah dapat menjadi salah satu sumber penggerak ekonomi dan PAD.

Sebelumnya lembaga legislatif telah melaksanakan rapat gabungan komisi untuk membahas dan memberikan rekomendasi atas laporan keterangan pertanggungjawaban wali kota terhadap pelaksanaan pemerintah tahun 2021.

“Secara umum kinerja Pemkot sudah baik. Saya secara pribadi hanya mengharapkan agar aset daerah ini dioptimalkan penggunaanya. Karena aset yang menganggur malah akan memberikan biaya perawatan dibandingkan pendapatan,” tutupnya. (GUS)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top