Lamandau

Lamandau Membangun Kesadaran Warga Untuk Menangani Sampah

KABAR KALIMANTAN 1, Nanga Bulik – Pemerintah Kabupaten Lamandau di Provinsi Kalimantan Tengah berupaya membangun kesadaran kolektif warga untuk menjaga kebersihan dan menangani sampah.

Bupati Lamandau Hendra Lesmana meminta semua perangkat daerah bahu membahu mengedukasi masyarakat guna meningkatkan kesadaran mereka dalam menjaga kebersihan dan menangani sampah di lingkungan masing-masing.

“Bersama-sama kita harus bersatu padu membenahi masalah kebersihan, baik oleh perangkat daerah maupun masyarakat,” katanya di Nanga Bulik, Minggu (15/5/2022).

“Tak hanya kepada masyarakat umum, tetapi juga kepada generasi muda maupun anak-anak agar sejak dini memiliki kesadaran yang baik dalam mengelola lingkungan,” ia menambahkan.

Bupati menekankan pentingnya partisipasi warga dalam upaya penanganan sampah, termasuk pemilahan dan pengolahan sampah rumah tangga.

Pemilahan sampah berdasarkan jenis di tingkat rumah tangga akan memudahkan petugas penanganan sampah mengelola dan mengolahnya.​​​​​​​

Bupati juga mendorong warga rutin bergotong royong membersihkan lingkungan permukiman.

Sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan pemangku kepentingan terkait dalam menangani sampah dan menjaga kebersihan lingkungan, menurut dia, akan memuluskan upaya Lamandau untuk mendapatkan penghargaan Adipura.

“Perlu kerja keras dan komitmen semua pihak untuk meraih Adipura, seperti fokus pada titik tertentu yang menjadi indikator penilaian,” demikian Bupati Lamandau. (ANT/RED)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top