KESRA

Ketua DPRD Kotabaru: Warga Berhak Jalani Perawatan Gratis di RSUD

KABARKALIMANTAN1, Kotabaru – Ketua Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan, Syairi Mukhlis, menyatakan warga berhak mendapatkan perawatan gratis di puskesmas dan rumah sakit umum daerah (RSUD).

“Ini gratis selama warga ingin melakukan pengobatan di puskesmas atau rumah sakit,” kata Syairi Mukhlis di Kelumpang Tengah, Kotabaru, Rabu (8/2/2023).

Syairi mengatakan warga yang membutuhkan perawatan kesehatan harus mendapatkan pelayanan tanpa berbayar di fasilitas kesehatan yang dimiliki pemerintah.

DPRD Kotabaru telah menyetujui anggaran sebesar Rp6 miliar untuk Dinas Kesehatan termasuk bagian pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

“Jangan sampai kejadian terulang pada tahun 2022, warga ditolak masuk rumah sakit,” ujar Syairi.

Dia juga meminta Dinas Sosial Kabupaten Kotabaru untuk berperan aktif mendata pelayanan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS ), serta pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) yang terintegrasi dengan pihak kecamatan.

“Jangan sampai kesannya menunggu mereka sakit baru dipikirkan, sebelum warga yang kurang mampu itu sakit sudah didata dan dilaporkan,” ucap Syairi.

Pihak rumah sakit harus memastikan dapat menerima warga yang membutuhkan perawatan atau fasilitas kesehatan, meskipun tidak memiliki BPJS.

Dia pernah menerima laporan seorang warga penderita tengkes (stunting) asal Lontar ditolak berobat ke rumah sakit milik pemerintah karena faktor ekonomi.

“Hanya gara-gara satu aturan, sementara aturan ini di bawah UUD 45 mengamanatkan fakir miskin diurus oleh negara,” ucap Syairi.

Dia juga meminta aparatur desa dan kecamatan segera mendata orang tidak mampu agar dilaporkan ke Dinas Sosial Kotabaru, kemudian ditindaklanjuti berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan BPJS Kesehatan. (ant)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top