Barito Utara

Juara Harapan 2 Bunda Berprestasi Kabupaten, Istri Nadalsyah Sebut Berkat Ketulusan Jajaran Membina PAUD

KABARKALIMANTAN1, Palangka Raya — Sri Hidayati Nadalsyah, mengikuti ajang pemilihan apresiasi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berprestasi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, di Central Souvernir Borneo Palangka Raya, Kamis (28/10/2021).

Dalam malam penganugerahan, istri Bupati Barito Utara ini berhasil menyabet juara harapan kedua Bunda PAUD kabupaten berprestasi.

Dengan hasil yang diperolehnya, ia mengaku cukup puas dan menerima hasil penilaian panitia. Kemenangannya tak lepas berkat dukungan seluruh jajarannya, yang selama ini setulus hati membina dan mengembangkan PAUD di wilayahnya masing-masing.

“Alhamdulillah, semua bekerja
secara ikhlas dan masyarakat sangat mendukung kegiatan kami”kata Sri Hidayati.

Kendati ia menyadari sangat berat dalam
membina dan memajukan PAUD di Bumi Iyak Mulik Bengkang Turan. Terlebih dalam kondisi pandemi COVID-19.

Saat presentasi di hadapan dewan juri, Bunda PAUD Barito Utara itu menyampaikan bahwa pendidikan anak usia dini memerlukan peranan yang penting dalam perkembangan pada masa yang akan datang serta penguatan yang holistik integratif (HI).

Program PAUD HI, ini tentunya juga sebagai wujud kehadiran nyata negara dalam pemenuhan hak anak. Untuk itu semua Bunda PAUD harus terus mendorong mensosialisasikan di Kalimantan Tengah, mulai tingkat desa atau kelurahan, kecamatan, kabupaten hingga provinsi.

“Meski perlahan kita berharap kedepan semua anak-anak di Kalteng mendapatkan pelayanan PAUD HI,” ujarnya.

Dari hasil berbagai penelitian anak usia dini, menunjukkan bahwa penyiapan sumberdaya manusia (SDM) yang berkualitas harus diawasi sejak dini. Bahkan sejak masih dalam kandungan.

Pemenuhan perkembangan dan pertumbuhan anak yang dilakukan secara HI sangat menentukan kualitas kesehatan kecerdasan dan kematangan sosial.

Demikian juga dengan layanan stimulasi holistik menyeluruh, mencakup layanan pendidikan, kesehatan, perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan.

Melihat dari kondisi geografis Kabupaten Barito Utara yang terdiri dari 9 kecamatan, 93 desa dan 10 kelurahan, maka dengan demikian, indikator keberhasilan yang dicapai ada 103 desa/kelurahan dengan jumlah 86 PAUD yang sudah ada.

Program kegiatan Bunda PAUD dan POKJA Kabupaten Barito Utara, telah memikirkan dan menargetkan sasaran seperti peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK), peningkatan kemitraan kerjasama, inovasi dan kreativitas, penguatan kelembagaan PAUD, gugus tugas PAUD HI, apresiasi PAUD dan monitoring.

Kedepan, ia berharap semua desa di Barito Utara, memiliki Lembaga PAUD. Saat ini hanya dua kecamatan yang
telah 100 persen terintegrasi dalam data satu desa satu PAUD. Total
seluruhnya, 84 persen desa telah
ada PAUD.

Pemenang Bunda PAUD kabupaten berprestasi adalah Kotawaringin Barat juara I, Sukamara II, Kotawaringin Timur III, Murung Raya harapan I, Barito Utara harapan II dan Lamandau harapan III.

Untuk Bunda PAUD kecamatan berprestasi, Kecamatan Seribu Riam, Kabupaten Murung Raya juara I, Bukit Batu, Kota Palangka Raya juara II dan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat juara III)l.

Kemudian, Bunda PAUD desa/kelurahan berprestasi, Sungai Bakau, Kabupaten Seruyan juara I, Desa Danau Usung, Kabupaten Murung Raya juara II dan Kelurahan Anjir Sarapat, Kabupaten Kapuas juara III. (TVA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top