Piala Dunia 2022

Jepang dan Kroasia Menatap Fase 16 Besar

KABARKALIMANTAN1, Doha – Kesempatan terbaik dimiliki Jepang saat menghadapi Kosta Rika, Minggu (27/11/2022) jam 17.00 WIB di Ahmad bin Ali Stadium, Al Rayyan.

Tim Samurai Biru berpotensi menang dan lolos ke babak 16 besar. Soalnya, Kosta Rika adalah tim terlemah di Grup E. Situasi ruang ganti kedua kubu juga berbeda.

Ko Itakura dkk baru saja mengejutkan dunia dengan mengalahkan Jerman 2-1 dan memetik 3 poin. Mereka hanya butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan lolos ke 16 besar.

Kans tersebut terbuka lebar Minggu ini. Karena jika bukan sekarang, Takuma Asano akan sulit mencari poin di laga terakhir mengingat lawan terakhir mereka adalah Spanyol.

Catatan rekor Jepang lumayan bagus. Mereka hanya kalah 3 kali dari 15 pertandingan terakhir. Dari 7 laga terakhir Suichi Gonda mencatatkan 5 cleansheet.

Sementara Kosta Rika tercatat sebagai tim dengan kebobolan terbanyak dalam 1 laga Piala Dunia. Meski kebobolan 7 gol lawan Spanyol, Keylor Navas tetap dipercaya sebagai kiper utama Kosta Rika.

Jepang dan Kosta Rika sudah 4 kali bertemu. Tak sekalipun Samurai Biru kalah. Yuto Nagatomo dkk selalu cetak 3 gol ke gawang Kosta Rika dalam 2 laga terakhir.

Ini pertama kalinya pelatih Hajime Moriyasu (Jepang) dan Luis Fernando Suarez (Kosta Rika) bertemu. Moriyasu baru sekali menghadapi Kosta Rika dan dia menang. Suarez selalu kalah ketika bersua Tim Matahari Terbit.

Bintang Arsenal, Takehiro Tomiyasu akan bermain sebagai starter pada laga ini. Kaoru Mitoma kemungkinan besar akan berduet dengan Takefusa Kubo dan Takuma Asano sebagai starter.

 

Kroasia vs Kanada

Laga menarik lain akan dilakoni Kroasia vs Kanada pada Grup F di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, Minggu (27/11) jam 23.00 WIB.

Laga yang dipimpin wasit Andrés Matonte (Uruguay) ini di atas kertas dikuasai Kroasia. Anak asuh Zlatko Dalic itu memang hanya bermain imbang tanpa gol melawan Maroko. Namun Ivan Perisic dkk mulai panas sekarang.

Kemenangan atas Kanada, jelas akan membuka asa mereka untuk melaju ke babak selanjutnya. Kanada yang sedang berada di dasar klasemen, juga masih punya harapan, sebab mereka hanya kalah tipis 0-1 dari Belgia.

Maka dari itu, kemenangan jadi harga mati mereka saat hadapi Kroasia. Laga nanti akan jadi kali pertama kedua kesebelasan bertemu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top