KESRA

FKIP UMPR-Pemkab Seruyan Kolaborasi Peningkatan Kualitas Guru

KABAR KALIMANTAN1, Palangka Raya – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (FKIP UMPR) dan Pemerintah Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) berkolaborasi dalam peningkatan kualitas guru di wilayah setempat.

“Kerja sama ini kami fokuskan pada pelaksanaan ‘workshop’ (lokakarya) penulisan karya tulis ilmiah (KTI) bagi 80 guru di Kabupaten Seruyan,” kata Dekan FKIP UMPR Hendri M.Pd di Palangka Raya, Sabtu (11/2).

Dia mengatakan, melalui lokakarya itu, pihaknya berharap, setiap guru mampu membuat karya tulis ilmiah yang bisa dipublikasikan pada jurnal terakreditasi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

“Kegiatan ‘workshop’ (lokakarya) penulisan karya tulis ilmiah ini diisi oleh pemateri M Andi Setiawan M.Pd selaku dosen FKIP UMPR,” kata Hendri.

Saat ini, FKIP UMPR, diantaranya memiliki Jurnal Terakreditasi Sinta Yaitu Jurnal Pedagogik (Jurnal Pendidikan), Jurnal Tunas (Jurnal Prodi PGSD), Jurnal Bitnet (Jurnal Prodi Pendidikan Teknologi Informasi), Jurnal Neraca (Jurnal Prodi Pendidikan Ekonomi) dan Jurnal Suluh (Jurnal Bimbingan dan Konseling).

Pada kegiatan itu, Dekan FKIP UMPR beserta rombongan, turut disambut oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Seruyan, Kastam, yang sekaligus membuka lokakarya pelatihan penulisan KTI.

Di sisi lain, pihaknya berharap Dinas Pendidikan setempat agar dapat membantu dan mendukung pihaknya dalam Program Penjaringan Penerimaan Mahasiswa Baru tahun akademik 2023/2024.

Saat ini FKIP UMPR memiliki empat program studi yaitu S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, S-1 Pendidikan Ekonomi, S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan S-1 Bimbingan dan Konseling dan S-2 Pendidikan Dasar.

Sementara itu Sekretaris Disdik Kabupaten Seruyan, Kastam menyambut baik program peningkatan kualitas sumber daya guru melalui lokakarya penulisan karya tulis ilmiah tersebut.

Dia pun berharap, kualifikasi pangkat maupun golongan tenaga guru di Kabupaten Seruyan semakin meningkat.

Pelatihan itu juga sesuai dengan peraturan yang berlaku bagi guru, terutama yang ingin mengurus kenaikan pangkat dari golongan IV/a ke atas. Apalagi, salah satu syaratnya, harus memiliki karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal terakreditasi.

“Program tim FKIP UMPR yang datang ke Kuala Pembuang untuk mengajarkan guru-guru menulis karya tulis ilmiah ini sangat penting. Salah satunya guna keperluan kualifikasi kenaikan pangkat mereka,” katanya. (ant)
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top