KESRA

FISIP UMPR Kembali Laksanakan Rekognisi Pembelajaran Lampau

KABARKALIMANTAN1, Palangka Raya – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (FISIP UMPR) siap melaksanakan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) sebagai proses pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang.

“Saat ini tahapan pendaftaran program RPL telah dibuka mulai hari ini sampai 8 Maret mendatang,” kata Wakil Dekan 2, FISIP UMPR Noor Asiah MAP di Palangka Raya, Kamis (9/2/2023).

Dia mengatakan, program RPL di FISIP UMPR pada angkatan pertama dilaksanakan Program Studi Administrasi Negara (ADNA) dan Program Studi Ilmu Komputer (Ilkom). Pada Prodi ADNA telah tercatat 24 mahasiswa dan pada Ilkom tercatat tujuh mahasiswa.

“Pendaftaran program ini dapat dilakukan secara daring, dengan mengisi formulir di bit.ly/rpl-fisipolumpr. Untuk informasi lebih lanjut, calon mahasiswa dapat mendatangi kantor FISIP di komplek Kampus I Universitas Muhammadiyah Palangkaraya,” katanya.

Sarah ini mengatakan, program ini salah satunya ditujukan bagi orang yang berpengalaman kerja, tetapi secara teoritis dan kualifikasi pendidikan belum diakui secara gelar.

Menurut dia, program tersebut sangat membantu dan menjadi angin segar bagi masyarakat telah bekerja, baik yang sudah pernah kuliah maupun lulusan SMA untuk mengikuti pendidikan dan mendapat pengakuan secara akademik.

Melalui RPL merupakan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. UMPR menjadi bagian dari berbagai universitas di Indonesia yang mendapatkan kepercayaan melaksanakan program tersebut.

Program RPL tersebut menyasar pada lulusan SMA sederajat atau diploma ataupun pekerja yang memiliki pengalaman kerja atau sedang bekerja.

Diantara keunggulan RPL ialah merupakan program resmi dari Kemendikbudristek, kuliah berkisar 4-6 semester dengan ketentuan menyesuaikan masa pengalaman kerja minimal lima tahun pada bidangnya.

Selain itu, keunggulan lain adalah lebih hemat biaya kuliah, biaya juga bisa diangsur serta tersedia kelas daring. (ant)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top