Palangka Raya

Didukung 4 DPAC, Nurmansyah Bakal Lengserkan Umi dari Ketua Demokrat Palangka Raya

KABARKALIMANTAN1, Palangka Raya — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat bakal menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) bersama sekabupaten/kota pada 28-29 Januari mendatang, di Hotel Aquarius Palangka Raya. Namun sebelumnya akan dilaksanakan pelantikan kepengurusan DPD Demokrat Kalteng periode 2021-2026.

Ada yang menarik dari Muscab kali ini,  lantaran konon ada sejumlah incumbent ketua DPC bakal tergeser oleh kandidatnya, karena mendapat dukungan dibawah 20 persen seperti di Kota Palangka Raya.

Umi Mastikah yang notabene merupakan Wakil Wali Kota Palangka Raya, ternyata hanya mendapat satu suara dari Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) yakni Kecamatan Pahandut.

Sedangkan 4 DPAC dari Kecamatan Sabangau, Jekan Raya, Bukit Batu dan Bukit Batu, kali ini memberikan kepercayaan penuh ke Nurmansyah. Tentu saja dengan dukungan ini, hampir dipastikan langkah Umi kembali menakhodai Demokrat di Kota Palangka Raya, periode 2022-2027, bakal terjegal.

Ketua DPAC Demokrat Jekan Raya, Mait M Garang didampingi rekan-rekannya, mengakui, awalnya mereka memberikan dukungan kepada Umi, tetapi kemudian kompak memutuskan mencabut surat dukungan dan mengalihkan kepada Nurmansyah. Namun ini dilakukan tanpa adanya paksaan atau intervensi siapapun, tapi murni keinginan mereka sendiri.

“Kami dari pimpinan anak cabang mendukung penuh salah satu yang menurut kami terbaik, Bapak Nurmansyah, sebagai calon ketua Demokrat Palangka Raya. Bukan berarti karena Ibu Umi tidak baik, tetapi karena kami ingin adanya perubahan,”kata Mait.

Sebab menurutnya, untuk kemajuan partai, dibutuhkan sosok yang berani melakukan gebrakan perubahan. Ditangan Nurmansyah lah, mereka nilai bisa melakukan perubahan yang lebih baik lagi, demi kemajuan partai berlambang mercy ini di Kota Palangka Raya.

“Kenapa kami beralih memberikan dukungan ke Bapak Nurmansyah,  sebenarnya karena hati yang berbicara. Memang selama ini Bu Umi sudah melakukan pembinaan, tetapi dari catatan kami masih ada hal-hal yang harus diperbaiki,”ujarnya.

Tak dipungkiri, selama kepemimpinan Umi, untuk pembinaan, jauh dari “kata” layak. Padahal mereka ingin sesuatu yang lebih untuk kemajuan partai, supaya pergerakan dari akar rumput akan lebih dahsyat.

“Sebagai orang partai, kami pada saat tertentu saja dipanggil. Makanya kami ingin adanya komando yang benar-benar mampu menggerakkan partai,”ujarnya.

Oleh sebab itu, mereka berharap, Nurmansyah nantinya dapat membawa partai ini lebih lebih maju dan berkembang di Kota Palangka Raya, sehingga masyarakat bisa menyaksikan kadernya lebih baik untuk kemajuan partai.

Ketua DPAC Demokrat Sabangau, Nur Humaidi mengakui memang
komunikasi dengan Umi sudah baik, hanya saja dalam pembinaan kader hingga ke akar rumput masih dirasa kurang, sehingga  dengan adanya pergantian akan beragam pembinaan lagi untuk bergerak membesarkan partai.

Hal yang sama juga dikemukakan Ketua DPAC Demokrat Bukit Batu Darsono dan Ketua DPAC Demokrat Rakumpit Hendri Surya.

Sementara itu Nurmansyah mengucapkan terimakasih kepada 4 DPAC yang telah memberikan dukungan kepada dirinya untuk dapat mencalonkan diri sebagai bakal calon Ketua Demokrat Palangka Raya. Tentu saja dengan jumlah dukungan yang signifikan ini membuatnya mantap mengikuti kontestasi Muscab.

Awalnya Nurmansyah tidak berniat untuk maju, tapi setelah mendengar dan melihat fakta di lapangan kurang mendapat pembinaan, sebagai kader, akhirnya ia tergerak untuk berani mencalonkan diri sebagai orang nomor satu di Demokrat Palangka Raya.

“Umi memang bagus. Tetapi saya berjanji akan lebih baik dan akan lebih memberdayakan DPAC. Dukungan kepada saya bukan dari hasil lobi-lobi ataupun karena paksaan, tetapi karena menjawab keresahan rekan-rekan di DPAC,”pungkasnya. (TVA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top