Internasional

De Gea Masih Bagus, 3-4 Kiper Sudah Antre

KABARKALIMANTAN1, Manchester – Manchester United sudah ancang-ancang mencari kiper baru, sebagai persiapan pengganti David de Gea (32). Walau masih bagus, toh setidaknya 3-4 kiper sudah dikabarkan mengantre sebagai suksesor de Gea.

Ada nama kiper Argentina, Emiliano Martinez (30), Yann Sommer (34) dari Swiss, Dominik Livakovic (27 dari Kroasia, serta kiper muda Leeds United, Illan Meslie (22).

 

Namun eks kiper timnas Inggris Paul Robinson menyarankan Manchester United untuk tidak merekrut Martinez, meski ia tampil mengesankan dan jadi kiper terbaik Piala Dunia 2022

Berkat sejumlah penyelamatan spektakulernya, Tim Tango akhirnya sukses menjadi juara di Qatar. Kini pemain yang bermain untuk Aston Villa itu kabarnya mulai dilirik banyak klub top Eropa.

Namun menurut Robinson, Martinez tak tergolong kiper elite. “Dia tidak berada di level elite. Dia telah bermain dengan sangat baik dalam kariernya dan memenangkan Piala Dunia. Itu luar biasa dan brilian,” kata Robinson kepada Football Insider.

“Tapi apakah dia termasuk kiper top? Bukan untuk saya. Dia adalah karakter yang hebat dan penjaga gawang yang hebat tapi dia bukan kiper elite. Patokan kiper elite, Allison Becker di Liverpool dan Ederson di Man City.”

Sementara itu kiper jagoan Kroasia di Piala Dunia 2022, Dominik Livakovic (27) juga masuk radar. Kiper yang kini bermain di klub Dinamo Zagreb itu jadi andalan utama Kroasia di pos penjaga gawang Kroasia. Penampilannya memang sangat apik.

Ia membantu Kroasia meraih posisi ketiga. Di sepanjang perjalanannya di Piala Dunia itu, Livakovic menunjukkan kebolehannya khususnya dalam menghentikan penalti lawan, seperti saat melawan Jepang di babak 16 besar dan Brasil di babak perempat final.

Menurut media Kroasia, Sportske Novosti , manajer MU Erik Ten Hag terkesan dengan penampilan Livakovic. MU siap merekrutnya Januari 2023, atau terburuk pada musim panas mendatang. Livakovic sendiri mungkin akan dilepas Dinamo Zagreb sebab kontraknya tersisa sekitar 18 bulan saja.

Sedangkan nama kiper Swiss, Yann Sommer (34) kabarnya juga diminati Bayern Munchen, namun versi Bild, sang kiper lebih memilih pindah ke MU karena faktor jam bermain.

Bayern Munchen butuh pengganti Manuel Neuer yang mengalami patah kaki. Namun ketika Neuer sembuh, Sommer ngeri bakal ditepikan jadi kiper cadangan.

Sementara di United, ia diproyeksikan menggantikan David De Gea yang kontraknya habis di musim panas nanti. Itulah mengapa ia lebih tertarik pindah ke MU. Kontrak Sommer di Borussia Monchengladbach habis musim panas nanti, hingga MU bisa merekrut secara gratis.

Nama terakhir yang masuk bursa adalah kiper muda Leeds United, Illan Meslier (22). Kemenangan Leeds United atas Liverpool 2-1 tidak lepas dari kontribusi Illan Meslier di bawah mistar.

Kiper masa depan itu tampil luar biasa dengan total 9 penyelamatan. Meslier bisa menghentikan sebagian besar peluang Liverpool, termasuk bola matang dari Nunez dan Salah. Ia jadi man of the match di laga itu.

JADWAL EPL

Senin, 26 Desember 2022

19:30 WIB – Brentford vs Tottenham – Vidio
22:00 WIB – Crystal Palace vs Fulham – Vidio
22:00 WIB – Everton vs Wolves – Vidio
22:00 WIB – Leicester vs Newcastle – Vidio
22:00 WIB – Southampton vs Brighton – Vidio

Selasa, 27 Desember 2022

00:30 WIB – Aston Villa vs Liverpool – SCTV, Vidio
03:00 WIB – Arsenal vs West Ham – SCTV, Vidio

Rabu, 28 Desember 2022

00:30 WIB – Chelsea vs Bournemouth – SCTV, Vidio
03:00 WIB – Manchester United vs Nottingham Forest – SCTV, Vidio

Kamis, 29 Desember 2022

03:00 WIB – Leeds vs Manchester City – Vidio

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top