Palangka Raya

Cegah Genangan Air, Legislator Ini Minta Optimalkan Fungsi Drainase

KABARKALIMANTAN1, Palangka Raya – Anggota Komisi B DPRD Palangka Raya, Anna Agustina Elsye berharap agar semua saluran drainase dapat berfungsi dengan baik guna mencegah terjadinya banjir maupun genangan air.

Untuk itu hendaknya dinas terkait seperti PUPR ataupun Disperkim dapat terus mengawasi dan memperbaiki infrastruktur drainase sesuai kewenangannya, sehingga semua drainase yang ada dapat berfungsi dengan baik mengalirkan air.

Menurut srikandi DPRD Palangka Raya dari Partai Gerindra ini, hal penting bagi dinas dan instansi terkait menghadapi setiap musim hujan adalah, memastikan saluran drainase berfungsi dengan baik sehingga tidak menimbulkan banjir maupun genangan air.

Ditekankannya, pengawasan sebaiknya dilakukan berkala dari aparatur PUPR maupun dinas terkait lainnya, dimana harus terjun langsung memastikan drainase bisa berfungsi maksimal sebagai fasilitas perkotaan mencegah banjir.

“Pengawasan berkala harus dilakukan. Apalagi saat ini curah hujan tinggi dan harus diantisipasi terjadinya genangan,”tuturnya belum lama ini.

Selain itu sambung Anna, pembuatan drainase hendaknya memperhatikan estetika terutama pada bagian penutup yang harus rata permukaan badan jalan agar nyaman dipandang serta fungsi tetap maksimal.

Anna mencontohkan jalan perkotaan yang harus diperhatikan seperti Jalan Temanggung Tilung, maupun Jalan Seth Adji yang kerap terendam air jika hujan sangat lebat turun, karena drainase tidak mampu dengan maksimal menampung air yang mengalir.

Peran serta masyarakat penting agar mampu melakukan pengawasan secara mandiri. Apabila ada saluran drainase disekitar pemukiman yang tersumbat, segera bergotong royong membersihkannya demi kenyamanan bersama. (IST/KK1)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top