Seruyan

Buatkan Bendungan Penangkap Ikan di Desa Cempaka Baru

KABAR KALIMANTAN 1, Kuala Pembuang – Sejumlah masyarakat yang ada di Desa Cempaka Baru, Kecamatan Danau Sembuluh mengusulkan kepada pemerintah daerah agar bisa dibuatkan bendungan penangkap ikan.

Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Arahman mengungkapkan, bendungan yang diusulkan oleh masyarakat desa setempat berfungsi untuk menangkap ikan dengan cara kerja ikan bisa masuk ke bendungan yang dibuat tetapi tidak bisa keluar.

“Mereka mengusulkan pembuatan bendungan tersebut di Danau Pepudak yang ada di desa setempat. Jadi fungsi dari bendungan tersebut adalah untuk menangkap atau menjebak ikan,” katanya, Selasa (26/4/2022).

Dirinya menjelaskan, usulan yang diaspirasikan oleh masyarakat desa setempat menarik untuk ditindaklanjuti, karena berpotensi untuk meningkatkan hasil tangkapan para nelayan. Selama hal tersebut tidak merusak ekosistem perairan yang ada, maka tidak ada salahnya untuk dicoba.

Lebih lanjut dijelaskan, inovasi dan kreatifitas nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapan memang sangat diperlukan dan pemerintah daerah hendaknya mendukung ide-ide kreatif yang mereka miliki.

“Kalau memang itu bagus dan tidak merusak ekosistem maka harus kita dorong. Karena inovasi juga diperlukan, agar hasil tangkapan para nelayan kita maksimal dan berdampak terhadap kesejahteraan mereka,” pungkasnya. (YAD)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top