Barito Utara

Barito Utara Gelar Pilkades Serentak Diikuti 249 Calon Kades

KABAR KALIMANTAN 1, Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Kamis menggelar pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahun ini yang diikuti 249 orang calon kepala desa tersebar di 73 desa pada sembilan kecamatan.

Dalam pelaksanaan pilkades serentak itu dipantau Bupati Barito Utara Nadalsyah secara virtual dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dan dihadiri Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekda Muhlis, unsur FKPD, kepala perangkat daerah, dan undangan lainnya dari rumah jabatan bupati setempat di Muara Teweh, Kamis (19/5/2022).

Selain itu, dari sembilan kecamatan yang melaksanakan pilkades, hanya Kecamatan Gunung Purei yang tidak dapat bergabung secara virtual dikarenakan terkendala jaringan telekomunikasi.

Sekda Barito Utara Muhlis yang sekaligus sebagai ketua pelaksana pilkades kabupaten menyampaikan jumlah Daftar Pemilih Tetap se-Barito Utara sebanyak 44.080 pemilih dan calon kepala desa sebanyak 249 orang.

“Untuk tingkat pendidikan para calon kepala desa yang mengikuti pilkades dari SLTP sederajat hingga S2,” kata Muhlis.

Dari laporan delapan camat yang di daerahnya melaksanakan pilkades serentak, rata-rata pelaksanaannya berjalan dengan baik. Meskipun ada kendala sedikit, tetapi pelaksanaan pilkades berjalan dengan lancar dan aman dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Wakil Bupati Sugianto Panala Putra menyatakan bahwa pemkab Barito Utara telah berupaya keras untuk mempersiapkan dan memastikan pelaksanaan pilkades serentak berjalan dengan sukses dan lancar.

“Tak lupa disampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras sejak persiapan hingga pemungutan suara hari ini, sehingga semuanya berjalan sesuai rencana dan jadwal, aman, lancar, kondusif serta tetap mematuhi aturan dan ketentuan yang berlaku,” kata wabup.

Bupati Barito Utara Nadalsyah dalam arahannya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang turut menyukseskan pilkades serentak. Selain itu, diharapkan agar semua pihak tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya.

“Bagi para calon kades yang tidak terpilih diharapkan agar tetap legowo dan menerima hasilnya. Semoga kepala desa yang terpilih dapat amanah,” ujar Nadalsyah. (ANT/RED)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top