Gunung Mas

Bahu Membahu Kembangkan Desa Tumbang Anoi

KABAR KALIMANTAN1, Kuala Kurun – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Rayaniatie Djangkan berharap ke pemerintah kabupaten (pemkab), pemerintah provinsi (pemprov) dan pemerintah pusat agar mendukung pengembangan Desa Tumbang Anoi, Kecamatan Damang Batu.

”Semua pihak harus bersama-sama dan bahu membahu dalam mendukung upaya pengembangan di Desa Tumbang Anoi, sehingga situs dan sejarah disana tetap lestari untuk Suku Dayak di Kalimantan,” ucap Raya, Senin (3/10).

Saat ini, lanjut dia, kondisi jalan menuju ke Desa Tumbang Anoi dan pasokan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) masih belum memadai, sehingga masih perlu perhatian dari berbagai pihak untuk mengembangkan daerah bersejarah tersebut.

”Desa Tumbang Anoi perlu mendapatkan perhatian nyata, karena menjadi daerah pertemuan tokoh Suku Dayak se kalimantan. Dalam pengembangan, kami tidak bisa sendiri, karena memiliki keterbatasan anggaran,” ujar Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Gumas Yansiterson mengatakan, perlunya pengakuan, komitmen, serta aksi nyata terkait pelestarian dan pengembangan di Desa Tumbang Anoi.

”Desa Tumbang Anoi perlu pengakuan, kami sedang memprosesnya sebagai cagar budaya. Namun rencana itu terganggu karena Covid-19, sehingga ada persyaratan tertentu yang belum dapat dipenuhi,” tuturnya.

Dia menuturkan, diperlukan komitmen bersama antara semua pihak dalam upaya pengembangan Desa Tumbang Anoi. Tidak hanya untuk desa itu atau Kabupaten Gumas saja, namun juga untuk Suku Dayak se kalimantan.

”Harus ada aksi nyata untuk mengembangkan dan melestarikan Desa Tumbang Anoi untuk Suku Dayak dan Dayak Borneo Bersatu. Kabupaten Gumas sebagai simpul sejarah siap untuk bersama-sama membangun kebersamaan Dayak se kalimantan,” tandasnya. (okt)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top