Piala Dunia 2022

Arfika Bela Maroko, Sahabat Bela Ronaldo

KABARKALIMANTAN1, Doha – Aksi bela dan dukung mewarnai laga Maroko vs Portugal di babak 8 Besar yang akan digelar di Stadion Al Thoumama, Sabtu (10/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Maroko menjadi negara dari dunia Arab pertama yang berhasil mencapai perempatfinal Piala Dunia. Maroko juga jadi tim Afrika pertama yang melakukannya setelah Ghana (2010), Senegal (2002), dan Kamerun (1990).

Hakim Ziyech, Achraf Hakimi dan kawan-kawan telah membuat sejarah di turnamen ini dengan menjadi tim Afrika pertama yang menjuarai penyisihan grup Piala Dunia, sejak Nigeria pada 1998. Dahsyatnya lagi, mereka mengungguli dua lawan kelas berat, Kroasia, dan Belgia.

Ketika tim berjuluk Singa Atlas ini menantang Portugal (tetangga Spanyol, negara dari seberang Selat Gibraltar lainnya). Mereka berebut slot semifinal. Seluruh Afrika dan Timur Tengah mendukung mereka.

Mahmoud, misalnya, seorang pemilik restoran Mesir di Qatar, awalnya pernah datang untuk menonton tim negaranya. “Setelah Mesir kalah, saya membela Senagal, dan sakarang Maroko. Mereka bermain untuk kita, untuk semua orang Afrika,” kata Mahmoud di Deutsche Welle.

“Saya orang Mesir tapi saya di sini untuk mendukung Maroko,” imbul Gamal, seorang pendukung yang ditemui di Souq Waqif, salah satu titik pertemuan paling populer bagi para penggemar bola di Doha. “Maroko negara Arab dan Afrika terakhir yang tersisa di Piala Dunia.”

Semangat serupa dilontarkan pendukung Senegal. “Begitu dikalahkan Inggris, kami misi baru yakni mendukung Maroko sampai akhir,” ujar Bintou, anggota “12th Gainde” kelompok suporter yang artinya “pemain ke-12” dalam bahasa Wolof.

Peduli Ronaldo

Di sisi lain, Portugal merupakan salah satu tim yang dijagokan bakal membawa pulang trofi Piala Dunia dari Qatar. Selecao das Quinas tampil memukau di fase grup. Di atas kertas, Portugal memiliki skuad lebih kuat.

Namun mereka ada celah non-teknis lewat kontroversi Cristiano Ronaldo. Mega bintang yang kini kerap jadi konsumsi pers seusai membongkar aib Manchester United lalu didepak klub, nyatanya di timnas Portugal juga diincar media.

Ketika pelatih membangku-cadangkan dia, lalu sang pengganti Goncalo Ramos justru mencetak hattrick pada debut Piala Dunia, pers lagi-lagi mengincar CR7. Premis bahwa Portugal lebih kuat tanpa Ronaldo, justru menyudutkan rekan setim.

“Kadang situasi terlalu dilebih-lebihkan. Orang mudah lupa, apa yang telah Ronaldo berikan kepada Portugal selama satu decade. Tak ada yang bisa, hanya dia. Jangan salah, CR7 tetap panutan kami, dia kapten kami,” ujar Ramos.

“Orang suka memperdebatkan dia karena dia seorang bintang. Jika aada yang bilang Portugal lebih baik tanpa Ronaldo, saya siap berdebat soal itu. Sekarang, sudahlah, kami ingin fokus ke Piala Dunia dan tak ingin terganggu dengan isu-isu yang tidak produktif,” komentar Joao Felix, gelandang termahal Portugal.

Bahkan eks sahabat di Real Madrid, Mezut Ozil (Jerman) menyebut, “Orang ingin terus mengkritik Ronaldo karena mereka iri dan tidak memapu melakukan apa yang telah dilakukan CR7. Mereka hanya ingin menumpang tenar.”

Pelatih Portugal, Fernando Santos, senang suasana ruang ganti timnya kondusif lagi. Ia mengaku mewaspadai Maroko yang tak terkalahkan dalam 5 laga terakhir (3 menang, 2 imbang).

Gawang Maroko cuma kebobolan satu gol sepanjang Piala Dunia 2022 dari open play. “Juga 3 clean sheet dari 4 pertandingan di Piala Dunia 2022. Itu menandakan pertahanan mereka kuat. Butuh cara khusus untuk menjebol, baik lewat open play maupun adu penalty,” katanya.

Pelastih Maroko, Walid Regragui, berkomentar pendek, “Sudah kepalang basah. Pemain seluruh anggota tim harus yakin, kami bisa melangkah lebih jauh lagi.”

Maroko berdandar pada pemain berstatus top rating, Achraf Hakimi (7,47) sementara Portugal pada Bruno Fernandes (8,34). Laga Maroko vs Portugal kali ini akan dipimpin oleh wasit asal Argentina, Facundo Tello.

PRAKIRAAN FORMASI

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top