Sepakbola

Salam 5 Jari STY, Sinyal Indonesia Tiru Drama Liga Champions Blaugrana

KABAR KALIMANTAN 1, Singapura – Foto Shin Tae-yong (STY) menunjukkan salam 5 jari ke arah pelatih Thailand, Alexandre Polking, jadi viral. Apakah momen sesuai jumpa pers itu merupakan sinyal Indonesia mencetak 5 gol pada leg kedua final Piala AFF, Sabtu 1 Januari 2022?

Witan Sulaeman dkk menang harus menang dengan selisih 5 gol, setelah Thailand pesta gol 4-0 ke gawang Nadeo Argawinata pada leg II final Piala AFF di Stadion National, Singapura, 2 hari lalu.

Gol-gol Thailand dicetak Chanatip Songkrasin (2’ dan 52’), Supachok Sarachat (67’) dan Bordin Phala (83’). Untuk menjadi juara Piala AFF, Indonesia butuh menang dengan skor 5-0, 6-1, 7-2 dan seterusnya.

Melihat performa lawan, menang 5-0 terkesan mustahil. Tapi STY bilang, dalam sepakbola semua mungkin terjadi.

“Saya tak mau bicara kekalahan di leg pertama. Pemain sudah fit kembali, dengan semangat dan keyakinan baru,” ujar STY penuh rasa percaya diri.

Sebagai catatan, Indonesia ternyata pernah menggulung Thailand dengan skor 5-0 pada 46 tahun lalu, tepatnya 12 Juni 1975 di ajang Turnamen Jakarta.

Di ajang Piala AFF, dalam 13 pertemuan, Indonesia tidak pernah menang atas Thailand dengan margin lebih dari satu gol. Tapi itulah tantangannya.

“Memang terlihat tidak mungkin, tetapi bola itu bundar. Jika kita bekerja keras hingga akhir, kita akan mendapatkan hasil yang baik,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers sesuai leg 1.

Drama Barcelona

Pada level lain, di ajang prestisius Liga Champions Eropa, Barcelona pernah membalikkan keadaan serupa pada fase 16 besar edisi 2016-2017.

Meski punya Lionel Messi, Neymar Jr dan Luis Suarez, di luar dugaan tim asuhan Luis Enrique itu dibantai Paris Saint Germain (PSG), 0-4 pada leg 1.

Dikejar target menang dengan selisih 5 gol, secara dramatik Blaugrana berhasil menghancurkan Les Parisiens 6-1 dan lolos ke Perempatfinal.

El Barça unggul lewat gol bunuh diri Layvin Kurzawa di menit ke-40, penalti Lionel Messi di menit ke-50, kemudian Edinson Cavani (62′).

Momen dramatis lantas terjadi di menit-menit akhir. Neymar mencetak dua gol di menit ke-88 dan 90, membuat skor sama kuat 5-5.

Di menit terakhir injury time, Sergi Roberto membuat Camp Nou bergemuruh dengan golnya. Barca menang 6-1, unggul 6-5 secara agregat.

Come back dramatis itu kemudian tercatat sebagai salah satu momen terbaik dalam sejarah Liga Champions.

Apakah Egy Maulana Vikri dkk bisa meniru spirit para pemain Blaugrana? Bagaimana pula STY meracik strategi? Sabar. Final leg kedua masih sehari lagi.

Leg 2 final Piala AFF 2020
Indonesia vs Thailand
Sabtu, 1 Januari 2022
Pukul 19.30 WIB
Live RCTI dan I-News TV

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top